Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar 2

Sistem Pendidikan

   Program pendidikan SMAKMA merupakan Program Pendidikan Kejuruan , Kelompok Rekayasa, Rumpun Kimia dengan Program Studi Kimia Analisis. Sistem pendidikan yang diterapkan di SMAKMA adalah:
1. Lama pendidikan 4 tahun yang
dibagi dalam 4 tingkat atau 8
semester.
2. Tahun Ajaran baru dimulai
bulan Juli, waktu belajar efektif 18
minggu per semester.
3. Siswa yang tidak naik kelas pada tahun pertama (semester 2) diharuskan, pindah ke sekolah lain
(sistem gugur). Dan selama tahun
ke dua sampai tahun ke empat,
siswa yang tidak naik kelas diberi
kesempatan mengulang satu kali.
4. Masa pendidikan di SMAKMA
maksimal 6 (enam) tahun dan tidak boleh tinggal lebih dari dua
tahun pada tingkat yang sama.
5. Siswa tidak boleh menikah
selama masa pendidikan .

Fasilitas Sekolah

   Berbagai fasilitas dimiliki SMAK Makassar untuk menunjang kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakurikuler. Fasilitas tersebut antara lain:
- Kelas
- Perpustakaan
- Masjid Ibnu Hayyan
- Laboratorium Gravimetri
- Laboratorium Volumetri
- Laboratorium Kimia Analisis Terpadu (Proksimat)
- Laboratorium Fisika Non Instrumen
- Laboratorium Kimia Analisis Jenis
- Laboratorium Mikrobiologi
- Laboratorium Analisis Instrumen
- Laboratorium Organoleptik
- Laboratorium Komputer
- Laboratorium Bahasa
- Aula
- Lapangan Bulutangkis
- Lapangan Upacara
- Lapangan Basket
- Lapangan Futsal
- Ruang Sekretariat Remaja Mesjid
- Ruang Sekretariat Persama
- Sanggar Uranium Scout
- Ruang Teater
- Kantin
- Taman

Ekstrakurikuler Sekolah

   SMAK Makassar memiliki banyak
kegiatan ekstrakurikuler diantaranya,

1. Remaja Masjid Ibnu Hayyan (REMASIH)
Organisasi keagamaan khususnya agama Islam, dimana didalamnya kita dapat mendalami Islam atau belajar berdakwah dengan landasan Al-Qur'an dan As-Sunnah.

2. Kerohanian Kristen (ROHKRIS)
  Rohkris merupakan salah satu wadah untuk menjalin kebersamaab antara siswa(i) Kristen demi memperkokoh iman dan kepercayaan umat kristiani di SMAK Makassar.

3. Abask ( Anak Basket Sekolah Menengah Analis Kimia Makassar )
  Ekskul ini mulai ada pada era angkatan 38 tepatnya pada tanggal 10 November 2004. Organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang olagraga basket

4. Musik Jujur Kreatif (MJK)
  Ekskul yang baru berbentuk dia saat kepengurusan persama angkatan 43, jujur dalam hal ini adalah mengekspresikan apapun yang ada di pikiran dan di hati.

5. Smak Football Club (SFC)
  Ekskul ini menampung siswa(i) yang memiliki bakat dan minat pada bidang olahraga sepakbola.

6. Siswa Pemerhati Lingkungan (SPL)
  SPL atau lebih akrab disebut Sispala telah berdiri pada tahun 80-an. Awalnya ekskul ini bernama ANAPALA (Analis Pencinta Alam), namun pada tahun 2006 berganti nama menjadi SISPALA (SPL). SPL membantu sekolah dalam program Green School. SPL mempunyai kegiatan seperti hiking, take a picture, wall climbing, dan yang terbaru adalah SMAK bebas sampah plastik.

7. Chemistry Club (Chem Club)
  Chem Club tempatnya para siswa siswi analis kimia Makassar mendalami materi kimia dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

8. English Club
  Sama halnya dengan Chemistry Club disini siswa siswi SMAK Makassar dapat mendalami dan mengembangkan bakatnya dalam bidang bahasa inggris khususnya English Speech.

9. Teater Benzen
  Ekskul ini merupakan suatu perkumpulan siswa(i) yang mempunyai bakat acting dan drama. Ekskul ini selalu beraksi dalam acara-acar besar sekolah.

Persatuan Siswa Analisis Kimia Makassar (PERSAMA)

  Persama adalah organisasi yang bertanggung jawab atas semua ekskul yang ada diatas. Di sekolah lain pada umumnya organisasi ini dikenal dengan sebutan OSIS. Terdiri dari 5 pengurus inti dan 30 anggota yang terbagi pada divisi Humas dan Pengembagan, Pendidikan dan Pelatihan, Dana dan Usaha, Kerohanian Islam, Kerohanian Kristen, dan Seni dan Olahraga.

Uranium Scout

  Gerakan Pramuka Gudep 07.009-07.010 Pangkalan SMK SMAK Makassar atau lebih terkenal dengan nama Uranium Scout adalah wadah bagi siswa yang mengajarkan kepemimpinan,kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Dengan tujuan membentuk pemuda yang berjiwa Pancasila dengan landasan Dasa Darma dan Tri Satya. Anggota pramuka Uranium Scout dikenal dengan sebutan Ambalan Uranium dan Penegak Bantara Uranium Scout. Dan penanggung jawab dari semua kegiatan kepramukaan yang ada disekolah adalah Dewan Ambalan Uranium yang terbagi atas 10 Dewan Putra dan 10 Dewan Putri. Adapun Kegiatan Kepramukaan SMAK Makassar adalah Penerimaan Tamu Ambalan, Perkemahan Akbar Tahunan, Pelantikan Penegak Bantara dan Uranium Scout Competition.

  Perlu diketahui dalam hal angkatan SMAK Makassar beda dengan sekolah lain. Di sekolah lain jika ditanya " Angkatan berapa ? " Pasti akan menjawab Angkatan 2008, Angkatan 2014. Mereka menyebut angkatannya sesuai dengan tahun kelulusannya. Berbeda dengan SMAK Makassar, jika ditanya " Angkatan berapa? " Pasti akan dijawab Angkatan 38, atau mungkin Angkatan 47. Kami menyebut angkatan kami sesuai dengan usia SMAK Makassar ketika kami masuk. Jadi yang masuk pada usia ke-50 adalah Angkatan 50. Dan penamaan angkatan SMAK Makassar sangat menakjubkan karena penamaannya berdasarkan nama unsur kimia yang disesuaikan dengan nomor atom dan angkatannya. Angkatan 49, Unsur dengan Nomor Atom 49 adalah Indium. Angkatan ke-49 adalah Indium, Argentum berarti Angkatan 47 karena Nomor atom dari Unsur Argentum (Perak) adalah 47

We are many but we are one :')
" Meski beda angkatan tapi satu semboyan benzena "

KITA SATU KARENA KITA ANALIS \m/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar