Ramadhan O:)

  MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN *sujudsyukur* semoga tidak ada hasutan untuk bucok ( buka puasa diam-diam, terus pura-pura puasa sampai adzan Magrib )

  Banyak hal yang sangat dirindukan setiap ramadhan, apalagi buat gue. Sewaktu jaman SD, jam 2 subuh udah ke masjid kumpul bareng remaja-remaja masjid waktu itu gue masih anak-anak masjid belum remaja, kita ngumpul buat keliling kompleks main petasan sambil mukul kentungan dan teriak " SAUR...SAUR...SAUR "

  Setelah ngebangunin orang-orang, kitorang kembali kerumah untuk makan, setelah sahur gue udah ninggalin rumah kemudian nongkrong dibelakang masjid. Belakang masjid loh, bukan didalamnya. Kebetulan rumah gue dengan masjid hanya diantarai satu rumah doang. Bahkan saat imam sudah Takbir kitorang masih santai disitu, nah saat posisi sujud rakaat kedua kitorang lari masuk kedalam masjid ngisi saf paling belakang ( gak ada yang lihat, kan lagi sujud ). Saat itu fikiran gue, yang penting bapak gue lihat gue ada di masjid. KAFIR !! IBLIS !!

  Setelah Sholat Subuh biasanya jalan-jalan keliling kompleks dulu nyari orang pacaran yang harus di lemparin petasan.
  " Woy puasa woy jangan pacaran " sambil ngelempar petasan
  " BANGSAT LO BOCAH SETAN BERANINYA DARI BELAKANG "
  " APA LU MAJU SINI. GUE PANGGILIN BAPAK GUE " sambil lari terbirit-birit

  Jadi dulu itu gue punya geng namanya "D'BERITH" , nama itu adalah kolaborasi huruf awal nama kita. Menurut gue cukup kreatif lah untuk anak-anak umur 10 11 taon. Menjelang buka puasa kitorang sudah ada di masjid bantuin pengurus masjid nyiapin kue buat bukpus, lumayan ngisi perut ( padahal sudah bucok tadi jam 1 siang ). Kemudian gelarin tikar masjid untuk dipakai sholat.

  Waktu Isya menjemput, teman-teman gue sudah manggil-manggil. Kalau iblis kitorang lagi on fire, biasanya kitorang tidak ikut sholat Isya. Kitorang nantangi geng lain untuk perang sarung, atau beradu petasan, bahkan pernah sampai berkelahi rame-rame. Atau main kejar-kejaran sampai keliling kompleks, pas sholat tawareh nih kitorang tidak pernah ful rakaatnya paling 4 rakaat itupun nyicil, palingan masuk sewaktu semua jamaah lagi sujud terus pura-pura ikutan sujud juga. Belum lagi kalau ada yang jahil sampai nendang-nendang pantat, biasanya geng musuh tuh yang biasa nendang pantat atau mukul lari. Masalahnya mereka nyerang sewaktu sudut jadi gak sempat masang kuda-kuda. Nah gue itu paling males ikut sholat witir, paling kalau sholat witir gue keluar masjid untuk jajan. Setelah sholat witir selesain, kembali ke masjid nyamperin bapak gue.
  " Gak sholat witir lagi kan ? " tanya bapak gue
  " Nnnnngggak, ada kok tadi dibelakang. Tanya aja halid " jawabku

  Halid itu teman geng gue sekaligus tetangga gue, yang kebetulan rumahnya tepat didepan masjid. "Tanya aja halid" , mana halid tadi jajan sama gue juga kok. Setelah itu bantuin kakak remaja masjid gulung tikar, dan ngitung uang kotak amal. Jangan kira kitorang nyelipin uang kotak amal, kitorang tau uang itu milik masjid kalau diambil bisa dosa masuk neraka.

  Jujur aja, gue merindukan jaman-jman jahiliyah seperti itu,
Jaman dimana Euphoria Ramadhan mengalir sangat deras seiring detak darahku, sangat berbeda dengan
Ramadhan yang sekarang. Sekarang kitorang sudah bukan anak-anak masjid lagi, sudah naik level jadi remaja-remaja masjid. Tiap hari bersihin masjid, meng-handle sholat 5 waktu, adzan, jadi protokol tawareh, jadi petugas ketenangan sholat.

  Tapi kalau gue lihat anak-anak jaman sekarang , beda banget. Dulunya gue jam 2 udah bangunin orang sahur, adik gue malah asik main ps. Gak ke masjid kalau bukan waktu sholat, perang sarung juga kayaknya udah ngilang, yang belum ngilang cuman main petasan doang.
  " Kak nggak keliling bangunin orang sahur ? " tanya adik gue
  " Jaman gue udah selesai. Maunya elo yang ngelakuin itu sekarang "
  " Apa untungnya sih gituan? Mending main game GTA, bisa.bunuh orang dan jadi buronan polisi " sahutnya
Ada benarnya gak yang di katakan adik gue ? --"

  Ramadhan, adalah bulan yang
sangat dirindukan, bulan yang sangat istimewah, bulan penuh
berkah. Setiap tahun
euphorianya semakin beda, banyak hal mengejutkan yang terjadi layaknya euphoria Worldcup masa iya Kostarika bisa nyingkirin Inggris,dan Italy *gilalundro? ,
apa mungkin cuma gue yang
ngerasain euphorianya? Tau deh gelap.

Marhaban Ya Ramadhan o:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar